03 Juni 2015

MENGENAL ARDUINO



    pada pembahasan kali ini kita akan bahas salah satu Board dari Arduino yaitu Arduino UNO. Kenapa harus UNO??? ya ,, menurut saaya ini yang paling simple dan mudah digunakan serta banyak pemakainya dan Juga request dari teman sekaligus guru saya. (IMAM) hoho... :D

okeh,, sebenarnya apa itu sih arduino sendiri? Secara singkatnya yaitu platform yang sering digunakan untuk project elektronika . Arduino sendiri terdapat dua bagian, 1. Papan atau Board yang sering disebut mikrokontroller (Hardware) dan 2. Arduino IDE (Integrated Development Environment) untuk mengisi program yang sudah dibuat ke Mikrokontroller.

1. Hardware Arduino (UNO)




    Pada Hardware Arduino UNO ini , pada setiap Portnya yang terdapat tulisan Angka 0 sampai 13 berfungsi sebagai Port I/O Digital. Dengan detail 6 Port dapat digunakan sebagai Output PWM dan 6 dapat digunakan sebagai Input Analog. Pada Arduino Uno kita tidak memerlukan USB ASP atau yang biasa disebut programmer (Alat untuk memasukan Program ke IC) karena pada Arduino UNO sudah terdapat Port USB yang dapat langsung berkomunikasi dengan komputer. Kemudian Port yang ber tuliskan A0 sampai A5 adalah Port I/O Analog yang biasa digunakan untukpenggunaan data Analog yang dapat membaca antara Tegangan 0v sampai dengan 5v.

2. Software (Arduino IDE) 

   Khusus Mikrokontroller Arduino ini telah disediakan Software IDE sendiri dengan Nama Arduino IDE yang bisa didownload

DISINI.

Untuk bahasa pemrograma nya hampir mirip dengan bahasa C dan tidak jauh beda. Apabila anda menguasai Bahasa C mungkin di bagian ini tidak akan terjadi banyak kesulitan. Pada Arduino telah banyak tersedia Library di Internet yang jadi kita tidak perlu membuat Parameter2 sendri yang memusingkan dan membutuhkan waktu lama.

Sekian pengenalan tentang Arduino UNO dan untuk Arduino yang Lain tidak jauh beda. Dan pembahasan berikutnya , kita akan membahas tentang Algoritma Pemrograman.


0 komentar:

Posting Komentar

Free Website Counters

Kotak Chat