07 Mei 2009

Menghapus Komentar di Blog anda

Hal paling menyenangkan dari ngeblog adalah ketika artikel kita mendapat tanggapan dari pengunjung berupa komentar, tentunya komentar yang berhubungan dengan isi artikel, baik kritik, pertanyaan, tanggapan atau sekedar urun rembug. Namun, hal menjengkelkan dari ngeblog, juga ketika mendapat komentar, tapi komentar yang hanya bertujuan promosi link-link alias spam alias komentar sampah. Untuk komentar jenis ini, tentu kita ingin menghapusnya. Bagaimana cara menghapus komentar yang tidak kita inginkan?

Berbeda dengan Wordpress yang punya filter/penyaring komentar, untuk blogspot (setidaknya yang aku tahu) tidak ada fitur untuk menyaring komentar. Jadi, asal bisa lolos kode captcha, setiap orang bisa dengan leluasa berkomentar. Tentu saja ini yang aku inginkan, semua orang bebas komentar, asal sesuai jalur. Jika hanya bermaksud spam, tentu kita ingin menghilangkannya dari artikel kita.

Untuk menghapus artikel spam atau artikel yang tidak kita inginkan, login ke account blogger kita. Masuk ke tab Posting > Edit Post. Nanti akan muncul artikel-artikel blog kita. Nah, klik link n Komentar (n adalah jumlah komentar dalam artikel bersangkutan). Nanti akan tampil semua komentar yang ada dalam artikel tersebut. Di bawah setiap komentar, ada gambar kotak sampah. Pada komentar yang akan kita hapus, klik kotak sampah yang ada di bawahnya. Akan muncul konfirmasi penghapusan. Pilih hapus selamanya.

Sekarang artikel anda sudah bebas dari komentar yang tidak kita inginkan (SPAM). Semoga membantu

0 komentar:

Posting Komentar

Free Website Counters

Kotak Chat